Berziarah Ke Makam Waliyullah Ahmad Mutamakin Kajen Pati, Seorang Keturunan Raden Patah Demak

kali dibaca


Margoyoso, Pati (10/07/2024) 

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarokatuh.

Salah satu wisata religi di Kabupaten Pati Jawa Tengah adalah Makam Waliyullah Syeh Ahmad Mutamakin di Desa Kajen Kecamatan Margoyoso. Masyarakat lokal dan luar daerah lebih familiar menyebut dengan sebutan Mbah Mutamakin. Mbah Mutamakin Kajen adalah tujuan utama wisata religi selain Waliyullah Mbah Ronggo Kusumo Ngemplak Kidul. 


Makam yang pernah di datangi Gus Dur dulu saat pertama kali dilantik menjadi Presiden ini selalu ramai di ziarahi. Bahkan saking ramainya, halaman Makam tidak muat. 


Seperti biasanya menjelang acara Haul beliau pada bulan Muharam atau Syuro (Jawa) ini, Makam Mbah Mutamakin sudah terasa padat. padahal baru di awal bulan muharam. Tepatnya tanggal 10 Syuro di bulan Muharam ini, Makam beliau sudah banyak didatangi oleh peziarah dari berbagai pelosok Nusantara. 



Waliyullah Mbah Ahmad Mutamakin adalah keturunan dari Raden Patah, pemimpin Kesultanan Islam Demak. Untuk silsilah dan sejarahnya, silakan mencari informasi yang tersebar di Internet. 


Kembali mengenai berziarah ke Makam Waliyullah Mbah Ahmad Mutamakin Kajen, tujuannya adalah 'ngalap berkah' pada kekasih Allah. Tentu saja sesuai dengan ajaran Islam berfaham Ahlussunnah Wal Jama'ah. 



Terpenting bagi kita semua untuk meneladani kebaikan dan perjuangan Mbah Mutamakin dan para Waliyullah yang selalu berjuang mensyi'arkan ajaran Islam. Dalam hal ini para waliyullah menyampaikan Islam dengan santun dan rahmatan lil alamin, rahmat bagi semua. 


Salah satu peziarah adalah Keluarga Besar Madrasah Darun Najah Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Dimana seluruh Siswa dan Siswi dengan di pandu para Guru dengan penuh khidmad berziarah. 



Untuk agenda acara Haul Mbah Ahmad Mutamakin bisa dilihat di media sosial. biasanya saat puncak acara, dihadiri para alim ulama' baik lokal maupun nasional. Salah satunya Gus Baha' dan Kyai sepuh lainnya. 


Dengan berziarah ke Makam Waliyullah kekasih Allah, semoga kita semua mendapat 'keluberan', kebagian barokah yakni bertambahnya kebaikan. Aamiin Ya Robbal Alamin. 

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Kontributor : Imam Muhlis Ali

Waka Kesiswaan Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah Ngemplak Kidul Kabupaten Pati

Tulis Komentar

Previous Post Next Post