Lomba Porsadin Ke-VII Tingkat Kabupaten Pati di Madrasah Darun Najah Ngemplak Kidul

kali dibaca


Kontributor : Imam Muhlis Ali


Margoyoso, Pati (04/08/2024)

Porsadin atau Pekan Olahraga dan Seni Antar Madrasah Diniyah merupakan ajang santri untuk berprestasi dan mengembangkan potensi diri.


Turut hadir Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pati, Bapak H Ahmad Syaikhu, Ketua FKDT Kabupaten Pati beserta jajarannya, Ketua Yayasan Ronggo Kesumo yang membawahi Madrasah Darun Najah selaku tuan rumah, Bapak KH Muslich Ar, Perwakilan Kapolsek dan Koramil Margoyoso. Juga para pendamping dan peserta lomba. 


Perlombaan Porsadin Ke-VII tahun 2024 ini dilaksanakan tiap dua tahun sekali dan diikuti Kontingen Madrasah Diniyah Kecamatan Se Kabupaten Pati. Ratusan Santri Peserta Porsadin memenuhi area Madrasah Darun Najah Ngemplak Kidul. 


Madrasah Diniyah merupakan satu-satunya lembaga pendidikan madrasah yang masih mempertahankan kekhasannya yang hanya mengajarkan materi agama Islam, sehingga menjadi suatu lembaga yang eksis dalam melestarikan ajaran Islam disamping lembaga pendidikan pesantren.


Madrasah Diniyah mempunyai peran dalam usaha pembentukan akhlakul karimah peserta didik. Sebagaimana yang dicantumkan dalam tujuan pendidikan Madrasah Diniyah bahwa Madrasah Diniyah mempunyai tujuan umum agar siswa memiliki sikap sebagai orang muslim dan berakhlakul karimah. Dalam pelaksanaan pendidikannya, Madrasah Diniyah berusaha mengarahkan dan membimbing siswa agar memahami, menguasai dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam. Sehingga siswa mampu berinteraksi di masyarakat, serta memiliki sikap sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat terlihat pada sikap dan tingkah laku santri dalam pergaulannnya dengan orang lain dalam berinteraksi dengan masyarakat.


Maka untuk menambah semangat santri madrasah Diniyah, perlu perlombaan Porsadin. 


Hal ini sesuai apa yang disampaikan oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pati, Bapak H Ahmad Syaikhu. "Porsadin menjadi sarana bagus untuk mencetak generasi Islam yang berprestasi dan berakhlakul karimah". 


Banyak cabang yang diperlomba diantaranya : Tahfidz juz amma, MQK (Safinatun Najah), Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Jawa, Puisi Islami, Kaligrafi, MTQ, Murottal Wal Imla', Hafalan Nadhom Aqidatul Awam, Hafalan Asmaul Husna, Lari sprint.


Alhamdulillah, pelaksanaan Porsadin berjalan sukses. Hal ini berkat kerja sama yang baik dari berbagai pihak mulai pihak panitia sampai Kembaga Madrasah Diniyah Se Kabupaten Pati. 


Untuk Porsadin tahun 2024 ini, yang mendapat juara umum yaitu dari Kontingen FKDT Kecamatan Sukolilo. 


Selamat dan Sukses untuk yang mendapat juara. Sedangkan yang belum berhasil juara, masih ada kesempatan di Porsadin mendatang. Tetap semangat. 


Sampai berjumpa kembali di Kecamatan lain. 


Porsadin "Mandiri berprestasi bersama Madrasah Diniyah, Kembangkan Potensi Diri Raih Prestasi".


Dokumentasi:








Tulis Komentar

Previous Post Next Post