Siswa MTs. Salafiyah Kajen, Pati, Juara 2 Nasional Kompetisi MYRES 2024 di Ternate, Menyala!

kali dibaca

Edukratif News - Kompetisi Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) tahun 2024 yang diikuti sebanyak 3.000 peserta dari seluruh lembaga madrasah di Indonesia resmi usai. Tepatnya pada Jumat (6/9) bertempat di Ternate, Maluku Utara, pengumuman pemenang telah diumumkan dan kabar membahagiakan datang dari Tim MYRES MTs. Salafiyah Kajen, Pati, yang berhasil mendapatkan Juara 2 Nasional. Penelitian berjudul “Modifikasi Vending Machine Interaktif Berbasis Ayat Al-Qur’an untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di MTs. Salafiyah” oleh Muhammad Ridwan Arsyad bimbingan Bapak Moh. Fajar Suryadi lolos hingga ke babak Grand Final dan mampu menyumbangkan medali perak mewakili provinsi Jawa Tengah.

"MYRES ini ajang lomba tingkat nasional berkonsep luar biasa. Siswa berlatih membuat penelitian yang sangat meningkatkan pola pikir bagi mereka, terutama kepekaan terhadap hal yang sebelumnya tidak terpikirkan. Memang memerlukan waktu dalam proses pembimbingannya," ujar Bapak Fajar Suryadi selaku pembimbing.

Sementara itu, Bapak Kepala Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Kajen, Pati, Bapak K.H. Ahmad Ruman Masyfu', S.H., M.Si., mengungkapan rasa syukur atas pencapaian yang telah diraih oleh siswanya. Beliau menyatakan hal ini diraih setelah ikhtiar yang intens selama 2 tahun menjalankan kelas riset hingga mampu mendapatkan medali perak di ajang MYRES 2024. Bapak Masyfu' juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, baik guru pembimbing, guru-guru lain, semua siswa, dan utamanya motivasi dari pihak Yayasan. "Vending Machine merupakan penelitian Ridwan sebagai bentuk kepeduliannya terhadap teman-temannya yang punya target hafalan tahfidz untuk mempermudah dan menyenangkan mereka," kata Bapak Masyfu' menjelaskan hal yang melatarbelakangi Ridwan Arsyad membuat penelitian.

Mohammad Ridwan Arsyad, siswa kelas riset yang melakukan penelitian, menyatakan dirinya banyak mengambil pelajaran selama mengikuti kompetisi. Ridwan bahkan yakin apabila beberapa waktu lalu menerapkan strategi yang tepat saat berkompetisi, penelitian Vending Machine yang dia buat kemungkinan dapat meraih juara pertama. "Orang tua sangat tidak menyangka saya mampu melakukannya. Banyak yang menilai saya sebagai anak biasa-biasa saja tapi dari hal itu saya memotivasi dan memacu diri sehingga mampu berada di titik ini. Sangat bersyukur atas semuanya," ucap Ridwan memberikan pesan dan kesan selama mengikuti lomba MYRES 2024.

Ridwan optimis kelak di kemudian hari Tim MYRES MTs. Salafiyah Kajen, Pati, akan terus berkembang. Menjadi lebih baik dari hari ke hari dan terus mempersembahkan berbagai macam prestasi. Sebagai Grand Final tingkat nasional pertama yang berhasil ditembus, apa yang telah diraih Moh. Ridwan Arsyad pada tahun 2024 ini tentu patut disyukuri oleh semua pihak, utamanya masyarakat Pati karena ada seorang siswa berbakat dari madrasah swasta di bidang riset yang telah mengharumkan nama daerah.

(Red./MTs./SLF)s

Tulis Komentar

Previous Post Next Post